Categories

Budaya (3) Cerpen (2) Cooking (1) Curhat (29) Curug (1) Famz Story (4) fiktif (3) Film (14) Foto (36) Hiking (30) Indonesia (80) INDONESIA BAGUS (7) Info (111) Islam (3) Jepang (7) Kampus (83) Kartun (1) Kids (2) Komputer (34) Kopdar (1) Korean Fever (14) Listing Program (8) Look Alike (10) Maen (28) Multimedia (9) Musik (3) Muslimah (4) Ramadhan (1) Review (16) SAR (2) Sekedar Tulisan (49) Shout Out (6) SI (53) Situs Bersejarah (2) Team Mandalawangi (1) Trip (33) Tugas (86) Untuk Negeri (76) Video (3) Wisata (11)

Sabtu, 11 Januari 2014

Pelayanan E-Commerce Di Indonesia

Karakteristik E-Commerce
  • Transaksi Tanpa batas
    Maksudnya dengan adanya e-commerce batas geografis tidak menjadi penghalang suatu bisnis untuk go internasional. Dengan adanya internet pengusaha kecil dan menengah dapat memasarkan produknya ke luar negeri.
  • Transaksi Anonim
    Karena melakukan transaksi melalui internet, maka penjual dan pembeli tidak harus bertemu muka satu sama lainnya. Penjual tidak memerlukan nama dari pembeli sepanjang pembayarannya telah diotorisasi oleh penyedia layanan sistem pembayaran yang ditentukan.
  • Produk Digital dan Non Digital
    Produk-produk digital seperti software dapat dipasarkan melalui internet dengan cara mendownload secara elektronik. Sedangkan produk non digital adalah dalam perkembangannya objek yang ditawarkan melalui internet meliputi barang-barang kebutuhan lainnya.

Pelayanan E-Commerce Di Indonesia
Ada banyak layanan e-commerce yang muncul di Indonesia, diantaranya :

Jumat, 10 Januari 2014

Contoh E-Learning di Universitas Gunadarma

E-Learning adalah pembelajaran jarak jauh yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer, dan internet. Sebenarnya materi e-learning tidak harus didistribusikan secara on-line baik melalui jaringan lokal maupun internet, distribusi secara off-line menggunakan media CD/DVD.

Beberapa Pengertian E-Learning
  • Pembelajaran Jarak Jauh
    Memungkinkan pembelajar untuk menimba ilmu tanpa harus secara fisik menghadiri kelas.
  • Pembelajaran Dengan Perangkat Komputer
    E-Learning disampaikan dengan memanfaatkan komputer, perngkat dilengkapi perangkat multimedia dengan CD Drive dan koneksi Internet maupun Intranet lokal.
  • Pembelajaran Formal vs InformalSecara formal, misalnya adalah pembelajaran dengan kurikulum, silabus, mata pelajaran, dan tes yang telah diatur dan disusun berdasarkan jadwal yang telah disepakati pihak-pihak terkait. Sedangkan informal misalnya, melalui mailing-list, e-newsletter, atau website pribadi, organisasi dan perusahaan yang ingin mensosialisasikan jasa, program, pengetahuan atau keterampilan tertentu pada masyarakat luas.
  • Pembelajaran Yang Ditunjang Oleh Para Ahli di Bidang Masing-Masing
    1. Subject Matter Expert (SME) atau narasumber dari pelatihan yang disampaikan.
    2. Instructional Designer (ID)
    3. Graphic Designer (GD)
    4. Ahli bidang Learning Managemen System (LMS)

Kamis, 09 Januari 2014

E-Commerce

Electronic Commerce (e-Commerce) atau perdagangan elektronik adalah kegiatan penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang, dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, internet, atau jaringan komputer lainnya. E-Commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.


E-Commerce merupakan bagian dari e-business. E-business memiliki cakupan lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan, dan lain-lain. Selain teknologi web, e-commerce juga memerlukan teknologi basis data, surat elektronik, dan bentuk teknologi non komputer yang lain.

Rabu, 08 Januari 2014

Perkembangan e-Learning di Indonesia

E-Learning pertama kali diperkenalkan oleh Universitas Illinois di Urbana-Champaign dengan menggunakan sistem instruksi berbasis komputer dan komputer benama PLATO. 
  • Tahun 1960 (Era Computer-Based Training) mulai muncul aplikasi e-Learning yang berjalan dalam PC standlone ataupun berbentuk kemasan CD-ROM. 
  • Tahun 1994, seiring dengan diterimanya CBT oleh masyarakat, CBT muncul dalam bentuk paket-paket yang lebih menarik dan diproduksi secara massal. 
  • Tahun 1997 era Learning Management System, masyarakat di dunia mulai terkoneksi dengan internet. Disini muncul LMS dengan perkembangannya yang makin pesat membuat pemikiran baru unruk mengatasi masalah ineroperability antar LMS yang satu dengan lainnya secara standar. Bentuk standar yang muncul misalnya standar yang dikeluarkan oleh AICC (Airline Industry CBT Commettee), IMS, SCORM, IEEE LOM, ARIADNE, dan sebagainya, 
  • Tahun 1999 adalah tahun Aplikasi e-Learning berbasis Web. LMS mulai digabungkan dengan situs-situs informasi, majalah, dan surat kabar dengan isi yang semakin kaya dengan perpaduan multimedia, video streaming, serta penampilan interaktif dalam berbagai pilihan format data yang lebih standar, dan berukuran kecil.

Selasa, 07 Januari 2014

Positif-Negatif E-Learning

E-Learning (Electronic Learning) adalah salah satu proses belajar yang merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Peserta ajar tidak perlu duduk di ruang kelas untuk menyimak setiap ucapat dari guru secara langsung. E-Learning dapat menghemat biaya yang harus dikeluarkan dan mempersingkat jadwal target pembelajaran oleh sebuah program pendidikan.

Positif E-learning
  • Mempersingkat waktu pembelajaran.
  • Biaya studi lebih ekonomis.
  • Mempermudah interaksi antara peserta didik dengan materi.
  • Mempermudah interaksi antara peserta didik dengan pengajar, atau peserta didik dengan peserta didik.
  • Peserta didik dapat saling berbagi infomasi dan dapat mengakses bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang.
  • Para pengajar dapat lebih mudah melakukan pembaruan bahan-bahan belajar yang menjadi tanggung jawabnya sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang mutakhir.
  • Para pengajar dapat mengembangkan diri atau melakukan penelitian guna meningkatkan wawasannya.
  • Para pengajar dapat dengan mudah mengontrol kegiatan belajar peserta didik

Senin, 06 Januari 2014

Pelaksanaan e-Government di Indonesia

Berdasarkan data dari Depkominfo (2005), dari pelaksanaan aplikasi e-Government menunjukkan bahwa hingga akhir tahun 2005 Indonesia memiliki 564 domain go.id, 295 situs pemerintahan pusat dan pemda, 226 situs telah mulai memberikan layanan publik melalui website, dan 198 situs pemda masih dikelola secara aktif.

Salah satu kendala dalam pelaksanaan e-government adalah kurangnya ketersediaan infrastruktur eekomunikasi di Indonesia. Jaringan telepon yang masih bisa dibilang jarang, dan biaya penggunaan jasa telekomunikasi yang masih mahal. Selain itu, masih banyaknya penyelenggara pelayanan publik baik di pusat maupun di daerah yang belum mengakomodir layanan publik dengan fasilitas internet.

E-Government atau yang sering disingkat dengan e-gov adalah proses pemanfaatan teknologi informasi sebagai alat untuk membantu menjalankan sistem pemerintahan secara lebih efisien Pengertian e-Gov sesuai dengan fungsinya adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak lain. Jadi, dapat disimpulkan e-Gov adalah upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan kepemerintahan yang berbasis elektronik dalam rangka meningkatkan kualias layanan publik secara efektif dan efisien.

Minggu, 05 Januari 2014

Let's Cooking! Donat Kampung

"Bagi seorang muslimah, pekerjaan rumah lebih memuliakan"

Itulah yang membuat saya mulai semangat untuk lebih banyak belajar masak, khususnya kue dan makanan lainnya. Dapur bukanlah tempat asing bagi saya, karena sejak SD saya sudah di wajibkan untuk biasa di dapur (hanya menyalakan kompor atau membantu mama di dapur). Mama bukan termasuk wanita yang pandai memasak, tapi beliau selalu mengajarkan anak-anaknya untuk memperhatikan mama jika memasak. "Masak itu gampang, yang penting ada bawang merah, bawah putih, cabe, garem. Gampang kan?". Begitulah mama.

Oke. Kembali pada topik awal. 
Rabu kemarin (1 Januari), saya mencoba membuat donat. Hanya donat kampung ala Indonesia.

Start!
Mulai dari cari-cari resep di internet, sampai tanya sana-sini untuk tips saat bikin adonannya biar berhasil.

Bahan yang dibutuhkan!
500 gram tepung terigu
50 gram susu bubuk
11 gram ragi instan (1 bungkus kecil)
100 gram gula halus
75 gram mentega
1/2 sendok teh garam
4 butir kuning telur
100 ml air dingin 

Sabtu, 04 Januari 2014

Apa Itu E-Government?


E-Government atau yang dalam bahasa indonesia berarti Pemerintahan Elektronik adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan untuk warganya, dalam urusan bisnis, serta hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan.

Model Penyampaian
Dalam e-Government ada beberapa model penyampaian yang utama, diantaranya :
  • Government-to-Citizen atau Government-to-Costumer (G2C)
  • Government-to-Business (G2B)
  • Government-to-Government (G2G)
Keuntungan dari e-Government adalah peningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik.

Kamis, 02 Januari 2014

Tahun Baru 1 Januari??



1 Januari = Tahun Baru Masehi

Sejarah Tahun Baru Masehi
Tahun baru pertama kali dirayakan tanggal 1 Januari 45 SM. Tidak lama setelah Julius Caesar dinobatkan sebagai kaisar Roma, ia memutuskan untuk mengganti penanggalan tradisional ROmawi yang telah diciptakan sejak abad ke 7 SM. Dalam mendesain kalender baru ini, Julius Cesar dibantu oleh Sosigenes, seorang ahli astronomi dari Iskkitariyah yang menyarankan agar penanggalan baru itu dibuat dengan mengikuti revolusi matahari, sebagaimana yang dilakukan oleh orang-orang Mesir.

Satu tahun dalam penanggalan baru tersebut dihitung sebanyak 365 seperempat hari dan Caesar menambahkan 67 hari pada tahun 45 SM sehingga 46 SM dimulai pada 1 Januari. Caesar juga memerintahkan agar setiap empat tahun, satu hari ditambahkan kepada bulan Februari, yang secara teoritis bisa menghindari penyimpangan dalam kalender baru ini. Tidak lama sebelum Caesar terbunuh di tahun 44 SM, dia mengubah nama bulan Quintili dengan namanya, yaitu Julius atau Juli. Kemudian nama bulan Sextilis diganti dengan nama pengganti Julius Caesar, Kaisar Agustus, menjadi bulan Agustus.

Rabu, 01 Januari 2014

Hallooo Team Mandalawangi.. Berbagi Cerita, Berbagi Makanan!

- Telling stories and laughing with friends is a precious moments you'll never forget -

30 Desember 2013
Sesuai janji yang semalam telah di putuskan. Sore ini, Team Mandalawangi mengadakan meeting (baca : ngobrol asik) pukul 3, di tempat latihan biola di belakang Perpus Pusat UI. Tapi, karena sampai pukul 3 belum juga ada yang hadir, tempat meeting terpaksa dipindahkan ke Kantin Masjid UI. Sekitar pukul 4 sore, kami (saya, Shanti, Medya, Gustya, Faisal) baru memulai meeting tanpa Wahyu. Menurut kabar terbaru yang dikirimkan Wahyu, dia sedang di bully oleh dosen riset.

Karena agenda utama meeting kali ini adalah ''Dengarkan Curhatku" yang akan dibawakan oleh Gustya, dan Gustya lebih memilih untuk tidak bercerita dua kali, jadi kami harus menunggu sampai Wahyu datang.

Cuaca panas, berubah jadi mendung, kemudian berangin, lalu gerimis, dan akhirnya hujan deras.
Wahyu mana?! 
Dari sindir-sindiran iseng, curhat colongan, curi-curi pandang sama tempe mendoan, lirik-lirikan sama tukang mie ayam, sampai akhirnya terpaksa minta ditraktir beberapa gorengan karena desakan lambung yang meminta pertolongan. 
Wahyu mana?!

 

Saking lamaaaanya nunggu Wahyu, Gustya pun beberapa kali berhalusinasi dimana-mana ada Wahyu (Ini Serius!). Setiap ada sesosok laki-laki yang parkir motor atau jalan sendirian, Gustya tiba-tiba langsung ngomong "itu bapa Wahyu!" padahal bukaaaan. (Note: Untuk pa Wahyu, inilah bukti bahwa anda dirindukan oleh Gustya).

Oke. Saya mulai lelah sendiri. -___-"
Jadi. Wahyu datang sekitar pukul 6 sore sambil membawa sebuah plastik ukuran sedang berisi cemilan dan minuman kotak untuk kami. (Terimakasih pa....)