Categories

Budaya (3) Cerpen (2) Cooking (1) Curhat (29) Curug (1) Famz Story (4) fiktif (3) Film (14) Foto (36) Hiking (30) Indonesia (80) INDONESIA BAGUS (7) Info (111) Islam (3) Jepang (7) Kampus (83) Kartun (1) Kids (2) Komputer (34) Kopdar (1) Korean Fever (14) Listing Program (8) Look Alike (10) Maen (28) Multimedia (9) Musik (3) Muslimah (4) Ramadhan (1) Review (16) SAR (2) Sekedar Tulisan (49) Shout Out (6) SI (53) Situs Bersejarah (2) Team Mandalawangi (1) Trip (33) Tugas (86) Untuk Negeri (76) Video (3) Wisata (11)

Kamis, 16 Februari 2012

Sistem Informasi Manajemen

Definisi SIM

Sistem Informasi Managemen (SIM)
Sebuah sistem manusia / mesin yang terpadu (integrated) untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, managemen dan pengambilan keputusan dalam organisasi.


Proses managemen didefinisikan sebagai aktivitas-aktivitas,yaitu :
·         Perencanaan, yaitu formulasi terinci untuk mencapai suatu tujuan akhir tertentu.
·   Pengendalian,  yaitu aktivitas manajerial untuk memonitor pelaksanaan rencana dan melakukan tindakan korektif sesuai kebutuhan.
·         Pengambilan keputusan, yaitu proses pemilihan diantara berbagai alternative.

Hubungan SIM dengan disiplin Ilmu lain

v  Akuntansi Managemen
Adalah bagian dari pengertian akuntansi yang bertujuan membantu manajer untuk menjalankan tiga fungsi pokoknya, yaitu perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan. Kehadiran akuntansi managemen atau sistem informasi managemen dalam perusahaan merupakan suatu sistem yang akan memberikan informasi kepada managemen untuk membantu pihak-pihak internal untuk mencapai tujuan organisasinya.

·         Akuntansi keuangan,
Adalah bagian dari akuntansi yang berkaitan dengan penyiapan laporan keuangan untuk pihak luar, seperti pemegang saham, kreditor, pemasok, serta pemerintah. Akuntansi keuangan berhubungan dengan masalah pencatatan transaksi untuk suatu perusahaan atau organisasi dan penyusunan berbagai laporan berkala dari hasil pencatatan tersebut. Laporan ini yang disusun untuk kepentingan umum dan biasanya digunakan pemilik perusahaan untuk menilai prestasi manajer atau dipakai manajer sebagai pertanggungjawaban keuangan terhadap para pemegang saham. Hal penting dari akuntansi keuangan adalah adanya Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang merupakan aturan-aturan yang harus digunakan didalam pengukuran dan penyajian laporan keuangan untuk kepentingan eksternal. Dengan demikian, diharapkan pemakai dan penyusun laporan keuangan dapat berkomunikasi melalui laporan keuangan ini, sebab mereka menggunakan acuan yang sama yaitu SAK.

·         Akuntansi manajerial
Adalah suatu aktivitas yang berhubungan dengan perilaku biaya & analisis lain yang bermanfaat untuk keputusan manajerial.
Menurut Ricky W. Griffin ada tiga kategori klasifikasi etika managerial, yaitu:
·         Perilaku terhadap karyawan
·         Perilaku terhadap organisasi
·         Perilaku terhadap agen ekonomi lainnya

v  Riset Operasional
Adalah penerapan metode-metode ilmiah terhadap masalah rumit yang muncul dalam pengarahan dan pengelolaan dari suatu system besar manusia, mesin, bahan dan uang dalam industri, bisnis, pemerintahan, dan pertahanan dan dapat digambarkan sebagai suatu pendekatan ilmiah dalam pengambilan keputusan yang melibatkan operasi-operasi dalam sistem organisasi. Penggambaran tersebut masih bersifat umum, sehingga untuk lebih memahami segi unik dari riset operasional mungkin lebih baik bila dilihat dari sifat-sifat khas atau istimewa. Istilah riset operasi pertama kali digunakan pada tahun 1940 oleh Mc Closky dan Trefthen di Bowdsey Inggris.

Berdasarkan namanya , riset operasional melibatkan ”riset pada operasi”. Jadi riset operasional dapat diterapkan pada masalah-masalah tentang bagaimana memperlakukan dan mengkoordinasikan operasi-operasi atau kegiatan-kegiatan dalam suatu organisasi. Yang dimaksud dengan organisasi disini sangatlah luas, misalkan organisasi di dalam bidang bisnis, industri, militer, agen pemerintah, jasa dan lain-lain.
Arti riset operasi (operations research) telah banyak didefinisikan oleh beberapa ahli.
·    Morse dan Kimball mendefinisikan riset operasi sebagai metode ilmiah (scientific method) yang memungkinkan para manajer mengambil keputusan mengenai kegiatan yang mereka tangani dengan dasar kuantitatif. Definisi ini kurang tegas karena tidak tercermin perbedaan antara riset operasi dengan disiplin ilmu yang lain.
·      Churchman, Arkoff dan Arnoff pada tahun 1950-an mengemukakan pengertian riset operasi sebagai aplikasi metode-metode, teknik-teknik dan peralatan-peralatan ilmiah dalam menghadapi masalah-masalah yang timbul di dalam operasi perusahaan dengan tujuan ditemukannya pemecahan yang optimum masalah-masalah tersebut.
·      Miller dan M.K. Starr mengartikan riset operasi sebagai peralatan managemen yang menyatukan ilmu pengetahuan, matematika, dan logika dalam kerangka pemecahan masalah-masalah yang dihadapi sehari-hari, sehingga akhirnya permasalahan tersebut dapat dipecahkan secara optimal.

Dari ketiga definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa riset operasi berkenaan dengan pengambilan keputusan yang optimal dalam, dan penyusunan model dari sistem-sistem baik yang diterministik maupun probabilistik yang berasal dari kehidupan nyata atau dunia pengelolaan atau dunia usaha yang memakai pendekatan ilmiah atau pendekatan sistematis.


v  Managemen dan Teori Organisasi
Managemen mengandung tiga pengertian yaitu:
1. Managemen sebagai suatu proses,
2. Managemen sebagai kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas managemen,
3. Managemen sebagai suatu seni (Art) dan sebagai suatu ilmu pengetahuan (Science).

Dalam Encylopedia of the Social Sience dikatakan bahwa managemen adalah suatu proses dengan mana pelaksanaan suatu tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi. Selanjutnya, Hilman mengatakan bahwa managemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan yang sama.

Menurut pengertian yang kedua, managemen adalah kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas managemen. Jadi dengan kata lain, segenap orang-orang yang melakukan aktivitas managemen dalam suatu badan tertentu disebut managemen.

Menurut pengertian yang ketiga, managemen adalah seni (Art) atau suatu ilmu pengetahuan. Mengenai ini pun sesungguhnya belum ada keseragaman pendapat, segolongan mengatakan bahwa managemen adalah seni dan segolongan yang lain mengatakan bahwa managemen adalah ilmu. Sesungguhnya kedua pendapat itu sama mengandung kebenarannya.

Menurut G.R. Terry managemen adalah suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau maksud-maksud yang nyata. Managemen juga adalah suatu ilmu pengetahuan maupun seni.

Menurut Mary Parker Follet managemen adalah suatu seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang lain. Definisi dari Mary ini mengandung perhatian pada kenyataan bahwa para manajer mencapai suatu tujuan organisasi dengan cara mengatur orang-orang lain untuk melaksanakan apa saja yang pelu dalam pekerjaan itu, bukan dengan cara melaksanakan pekerjaan itu oleh dirinya sendiri.

Itulah managemen, tetapi menurut Stoner bukan hanya itu saja. Masih banyak lagi sehingga tak ada satu definisi saja yang dapat diterima secara universal. Menurut James A.F.Stoner, managemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Organizing (organisasi) adalah dua orang atau lebih yang bekerja sama dalam cara yang terstruktur untuk mencapai sasaran spesifik atau sejumlah sasaran.


v  Pengetahuan Komputer
Definisi SIM dan hubungannya dengan teknologi adalah di jaman sekarang ini semua pekerjaan sudah sangat membutuhkan teknologi. Apalagi dalam perusahaan kita dapat menagemenkan informasi dengan efektif, kita dapat menyelesaikan sesuatu masalah dengan mudah apalagi dengan komputer semua informasi yang kita dapat kita proses dengan baik dan dapat tersimpan dengan aman.

Pengetahuan komputer meliputi :
·         Algoritma, yaitu rancangan program untuk komputer yang dilaksanakan sebelum program tersebut diolah melalui bahasa pemrograman. Rancangan ini memiliki prosedur yang terstruktur dan mengandung olahan matematika dan logika, terdiri dari rangkaian perintah dan langkah tata cara yang disusun secara teratur. Alur logika berpikir manusia yang dituangkan dalam skema tertentu yang selanjutnya dapat diimplementasikan sebagai beberapa perintah dalam suatu bahasa pemrograman untuk menghasilkan sebuah software.

·         Komputasi, yaitu cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Hal ini ialah apa yang disebut dengan teori komputasi, suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Namun sekarang, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer. Secara umum iIlmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Dalam penggunaan praktis, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu.

·         Software, yaitu piranti lunak, perangkat lunak, program komputer. Istilah baku software dalam bahasa Indonesia adalah perangkat lunak. Software adalah kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaanya. Software (perangkat lunak) ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya. Selain itu, software juga merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri.  Software dapat pula di artikan sebagai segala macam jenis program yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dan peralatannya.

·         Struktur data, yaitu cara menyimpan atau merepresentasikan data di dalam komputer agar bisa dipakai secara efisien. Sedangkan data adalah representasi dari fakta dunia nyata. Fakta atau keterangan tentang kenyataan yang disimpan, direkam atau direpresentasikan dalam bentuk tulisan, suara, gambar, sinyal atau simbol.

Secara garis besar type data dapat dikategorikan menjadi :
1. Type data sederhana
a. Type data sederhana tunggal, misalnya Integer, real, boolean dan karakter.
b. Type data sederhana majemuk, misalnya String.
2. Struktur Data, meliputi
a. Struktur data sederhana, misalnya array dan record.
b. Struktur data majemuk, yang terdiri dari Linier, misalnya Stack, Queue, serta List dan Multilist. Non Linier, misalnya Pohon Biner dan Graph

Pemakaian struktur data yang tepat di dalam proses pemrograman akan menghasilkan algoritma yang lebih jelas dan tepat, sehingga menjadikan program secara keseluruhan lebih efisien dan sederhana.
Struktur data yang standar  yang biasanya digunakan dibidang informatika adalah :
 List linier (Linked List) dan variasinya Multilist Stack (Tumpukan), Queue (Antrian), (Pohon ), dan Graph ( Graf ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar