Categories

Budaya (3) Cerpen (2) Cooking (1) Curhat (29) Curug (1) Famz Story (4) fiktif (3) Film (14) Foto (36) Hiking (30) Indonesia (80) INDONESIA BAGUS (7) Info (111) Islam (3) Jepang (7) Kampus (83) Kartun (1) Kids (2) Komputer (34) Kopdar (1) Korean Fever (14) Listing Program (8) Look Alike (10) Maen (28) Multimedia (9) Musik (3) Muslimah (4) Ramadhan (1) Review (16) SAR (2) Sekedar Tulisan (49) Shout Out (6) SI (53) Situs Bersejarah (2) Team Mandalawangi (1) Trip (33) Tugas (86) Untuk Negeri (76) Video (3) Wisata (11)

Jumat, 27 Juli 2012

Jenis Komputer

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer dahulu digunakan untuk menggambarkan orang yang bekerja untuk menghitung aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi kemudian arti ini dipindahkan kepada mesin itu sendiri.

Pengelompokan dan Klasifikasi Komputer Berdasarkan Cara Kerja
  • Komputer Analog, merupakan komputer yang digunakan untuk menerima sinyal analog, biasanya digunakan untuk melakukan pengecekan untuk data yang tidak berbentuk angka, karena data yang didapatkan adalah data yang bersifat gelombang.
  • Komputer Digital, merupakan komputer yang kita kenal. Data yang diterimanya adalah data yang sudah berupa data digital. Fungsinya digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain.
  • Komputer Hybrid, merupakan komputer yang memiliki kemampuan dari komputer analog dan komputer digital. Jenis ini dipergunakan untuk pengolahan data yang sifatnya baik kuantitatif maupun kualitatif, dengan kata lain data kuantitatif yang diolah menghasilkan data kualitatif dan sebaliknya.
Pengelompokan dan Klasifikasi Komputer Berdasarkan Tujuan Penggunaannya
  • Special Purpose Computer, yaitu komputer untuk keperluan khusu. Komputer ini dirancang hanya untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu. Perangkat yang ada pada komputer ini, baik komponen input, output, pemroses serta softwarenya telah dirancang untuk keperluan tersebut.
  • General Purpose Computer, dibuat untuk keperluan secara umum, sehingga komputer tersebut dapat digunakan untuk mengerjakan berbagai macam pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan usernya.
Pengelompokan dan Klasifikasi Komputer Berdasarkan Kapasitas Skala Kemampuannya
  • Microcomputer, digunakan untuk single-user, biasanya disebut juga dengan komputer desktop atau komputer pribadi (personal computer). 
  • Minicomputer, digunakan untuk banyak pemakai (multiuser) pada saat yang bersamaan, dan time shared. Time shared. Time shared adalah memungkinkan komputer tersebut untuk digunakan oleh beberapa pemakai sekaligus secara bersama-sama, dan komputer akan membagi-bagi waktunya bergantian untuk masing-masing pemakai.
  • Small Scale Komputer, memiliki kemampuan proses dalam jumlah kecil. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer desktop atau komputer pribadi yang umumnya digunakan oleh satu orang pada satu saat.
  • Medium Scale Computer, komputer untuk skala menengah. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mini, yang biasanya melayani penggunanya pada dump terminal.
  • Large Scale Computer, komputer untuk skala besar. Komputer yang termasuk kedalam kategori ini adalah mainframe. Pada mesin tersebut dapat diakses beramai-ramai, dan sudah dilengkapi dengan perangkat dan software yang lengkap.
  • Super Computer, merupakan komputer yang powerfull yang ada. Aplikasi yang digunakan basanya lebih cenderung untuk penelitia ilmiah. Komputer ini biasanya memiliki beberapa prosesor sekaligus untuk menjalankan tugasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar