Categories

Budaya (3) Cerpen (2) Cooking (1) Curhat (29) Curug (1) Famz Story (4) fiktif (3) Film (14) Foto (36) Hiking (30) Indonesia (80) INDONESIA BAGUS (7) Info (111) Islam (3) Jepang (7) Kampus (83) Kartun (1) Kids (2) Komputer (34) Kopdar (1) Korean Fever (14) Listing Program (8) Look Alike (10) Maen (28) Multimedia (9) Musik (3) Muslimah (4) Ramadhan (1) Review (16) SAR (2) Sekedar Tulisan (49) Shout Out (6) SI (53) Situs Bersejarah (2) Team Mandalawangi (1) Trip (33) Tugas (86) Untuk Negeri (76) Video (3) Wisata (11)

Selasa, 16 Oktober 2012

Pemanfaatan Bahasa Indonesia Pada Wacana Ilmiah, Semi Ilmiah dan Non Ilmiah

Wacana Ilmiah adalah laporan tertulis yang menjelaskan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau kelompok dengan memenuhi aturan keilmuan yang telah di tentukan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.

Contoh Wacana Ilmiah (Tugas Akhir "Sistem Informasi Rekrutmen dan Seleksi PT Indomobil Group Nissan-Renault) :
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informatika sekarang ini telah memberikan manfaat dan kemudahan dalam memperoleh suatu informasi. Teknologi yang telah dihasilkan bertujuan membantu manusia sebagai pengguna jasa komputer dalam menyelesaikan pekerjannya.

Kemajuan teknologi informatika juga sangat bermanfaat bagi organisasi  terutama dalam meningkatkan efesiensi, efektivitas dan produktivitasnya. Metode-metode kerja dan peralatan-peralatan kantor sudah mulai semark di kehidupan dan jalannya organisasi. Tantangan-tantangan baru pun muncul, manusia diharapkan agar dapat menyesuaikan diri dengan berbagai perkembangan tersebut. Untuk itu manusia perlu berbekal kemampuan, kecakapan, keterampilan yang sesuai. Organisasi-organisasi dituntut untuk bisa memanfaatkan berbagai kemajuan tersebut. Hal ini bisa dicapai melalui suatu sistem manajemen sumber daya manusia yang tepat.
Teknologi informatika yang berkembang saat ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan, khususnya dalam membantu efektivitas kinerja perusahaan. Salah satu contoh pemanfaatan teknologi informatika tersebut untuk membantu kelancaran kegiatan rekrutmen dan seleksi pada bagian Recruiment and Training PT Indomobil Group Nissan-Renault.

Wacana Semi Ilmiah merupakan wacana yang karakteristiknya berada di antara ilmiah dan non ilmiah.

Contoh Wacana Semi Ilmiah (Kompas.com) :
Warga berkerumun di Jalan Kebon Sirih, depan kantor DPRD DKI Jakarta yang menjadi tempat pelantikan gubernur dan wakil gubernur. Sebuah panggung yang sudah disiapkan di pinggir jalan depan kantor DPRD Jakarta, dijadwalkan menjadi tempat Jokowi akan menyapa warganya secara langsung untuk pertama kali.
Keramaian orang di depan DPRD ini terdiri berbagai lapisan. Sebagian mengenakan kemeja kotak-kotak seperti yang dipakai Jokowi selama pilkada. Ada juga yang memakai baju partai politik, pakaian bebas, hingga seragam kantor.
Kebetulan, siang ini bertepatan dengan jam istirahat kantor sehingga sebagian pekerja ikut berkerumun di sekitar kantor DPRD. Sementara, kendaraan masih sulit lewat Jalan Kebon Sirih di depan kantor DPRD karena banyaknya orang yang tumpah hingga ke jalan. Puluhan pedagang kaki lima juga ikut memadati sekitar lokasi.


Wacana Non Ilmiah adalah tulisan yang menjelaskan tentang fakta pribadi tentang pengetahuan atau pengalaman kehidupan sehari-hari, dengan gaya bahasa yang tidak baku dan lebih ke arah bahasa popular

Contoh Wacana Non Ilmiah (tanyashinta.blogspot.com) :
Mereka yang menjadi korban
Mereka yang tidak bersalah
Merkea yang tidak tahu apa-apa
Mereka yang hanya ingin belajar tentang kehidupan

Apakah orang tua kalian bangga?
Apakah mereka akan bicara "bagus" nak
TIDAK!
Mereka malu!
Anak yang selama ini di besarkannya
Yang sudah beranjak REMAJA
Tapi, bukan jadi pelajar
Melainkan pembunuh berbalut seragam putih


sumber :

2 komentar: