Categories

Budaya (3) Cerpen (2) Cooking (1) Curhat (29) Curug (1) Famz Story (4) fiktif (3) Film (14) Foto (36) Hiking (30) Indonesia (80) INDONESIA BAGUS (7) Info (111) Islam (3) Jepang (7) Kampus (83) Kartun (1) Kids (2) Komputer (34) Kopdar (1) Korean Fever (14) Listing Program (8) Look Alike (10) Maen (28) Multimedia (9) Musik (3) Muslimah (4) Ramadhan (1) Review (16) SAR (2) Sekedar Tulisan (49) Shout Out (6) SI (53) Situs Bersejarah (2) Team Mandalawangi (1) Trip (33) Tugas (86) Untuk Negeri (76) Video (3) Wisata (11)

Rabu, 05 Desember 2012

Komunikasi Melalui Console

Console merupakan interface dasar pada computer, biasanya berupa keyboard dan monitor. Keyboard merupakan alat input standar dan monitor adalah alat output standar. Dalam library iosteam C++, standard operasi input dan output untuk pemrograman didukung oleh 2 data streams. cin untuk input, dan cout untuk output. Juga, cerr dan clog sebagai tambahan untuk output streams yang di desain khusus untuk menampilkan error message. Dapat diarahkan langsung ke standard output maupun ke log file.


Output (cout)
Penggunaan cout stream dihubungkan dengan opertor overloaded << ( sepasang tanda "less than").
Operator << dikenal sebaggai insertion operator, dimana berfungsi untuk menginput data yang mengikutinya. JIka berupa string, maka harus diapit dengan kutip ganda ("), sehingga membedakannya dari variabel.

contoh : cout << "hai"; // print output hai on screen

Input (cin)
Menangani standard input pada C++ dengan menambahkan overloaded operator extraction (>>) pada cin stream. Harus diikuti dengan variabel yang akan menyimpan data.

contoh :
int age;
cin >> age;

Contoh diatas mendeklarasikan variabel age dengan tipe int dan manunggu input cin (keyboard) untuk didimpan di variabel age.


Sumber :
Arsip pribadi (Materi TPT-2/C++/Ronggo Permono/2007)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar