Categories

Budaya (3) Cerpen (2) Cooking (1) Curhat (29) Curug (1) Famz Story (4) fiktif (3) Film (14) Foto (36) Hiking (30) Indonesia (80) INDONESIA BAGUS (7) Info (111) Islam (3) Jepang (7) Kampus (83) Kartun (1) Kids (2) Komputer (34) Kopdar (1) Korean Fever (14) Listing Program (8) Look Alike (10) Maen (28) Multimedia (9) Musik (3) Muslimah (4) Ramadhan (1) Review (16) SAR (2) Sekedar Tulisan (49) Shout Out (6) SI (53) Situs Bersejarah (2) Team Mandalawangi (1) Trip (33) Tugas (86) Untuk Negeri (76) Video (3) Wisata (11)

Sabtu, 28 Februari 2015

#OneDayTrip Gunung Batu, Jonggol

Apa yang ada di pikiran kalian kalo saya sebut kata "JONGGOL"?? 
Kebanyakan orang akan tertawa sambil menjawab dengan kalimat "Wakwaw" atau "Bapa Mana?" dan sebagian lainnya, hanya akan bertanya "jonggol tuh dimana?".

pemandangan dari atas Gunung Batu

Terlepas dari itu semua, saya akan berbagi ulasan tentang sebuah Gunung (mungkin lebih tepat kita sebut Bukit) di daerah Jonggol, perbatasan antara Bekasi dan Bogor, namanya Gunung Batu.

Lama perjalanan dari Depok menuju Gunung Batu sekitar 1,5 - 2 jam dengan motor (tergantung kecepatan anda membawa kendaraan). 

Saya dan seorang teman saya (Gustya) berangkat dari Kelapa Dua Depok sekitar pukul 10.30 pagi menggunakan motor, karena Gustya 2 hari sebelumnya sudah pernah ke sana, jadi kami saya tidak terlalu repot untuk mencari rute ke lokasi. Kami mengambil rute via cibubur agar lebih hemat waktu. Kendala utama hanya saat ada jalan rusak di jalan besar menuju Jonggol, namun akses menuju Gunung Batu itu sendiri kondisi jalannya masih dalam keadaan beraspal, masih bagus, dan tanpa tanggul jadi anda tidak terlalu sering mengambil rem. 

Sekitar pukul 12.15 siang kami sampai di lokasi Parkir (bukan parkir resmi tapi masih aman). Setelah shalat dzuhur, kami berdua memulai berjalan menuju Gunung Batu. 

Awalnya anda akan bertemu dengan beberapa kebun warga, ada pohon pinus, jagung, dan tanaman kacang (jika tidak salah). Dari kejauhan anda sudah dapat melihat penampakan puncak dari Gunung Batu. 

Disana kami bertemu dengan temannya Gustya, yaitu Ayu, Ikus, Mamat, dan Ipep, jadi saya mendaki bersama dengan mereka berempat. Seperti biasanya, jika mendaki pasti akan ada 'SKSD' antar pendaki tanpa tahu nama jadi ada beberapa abang lainnya yang akhirnya ngobrol dengan kami. 

Berikut foto-fotonya :

Hello Jonggol... ^^

ki-ka : saya, Gustya, Mamat (duduk di bawah), Ayu, Ipep, Ikus

Belum sampai puncak, kami sudah mulai menikmati keindahan sekitar..

copyright : Mamat
Mungkin karena sedang pancaroba, tepat di puncak Gunung Batu sedang banyak semut terbang mungkin jika dihitung lebih dari puluhan semut. Banyak yang hinggap ke pakaian kami, dan ada juga yang terkena gigitan semut dan jadi bentol bentol, jadi tipsnya sih kalian pakai lotion anti nyamuk MUNGKIN semutnya tidak akan menggigit anda. 

Entah siapa om ini, yang pasti dia nongol saat saya mau foto --"

di tempat orang selfie itulah puncaknya dan banyak semut terbang

copyright : Mamat
 Jadi, setelah puncak Gunung Batu masih ada jalan lagi ke lebih ujung dan lebih rendah dari puncak. Treknya tidak terlalu luas, hanya bisa one way jika yang lewat tubuhnya gempal, dan 2 orang jika tubuhnya langsing itu pun harus ekstra hati-hati karena sampingnya langsung ke jurang. 

Pic by : Mamat


Bertemu dengan kembaran saya saat saya turun, sedangkan dia baru mau naik.
Kami beda rombongan namun satu tujuan. hehehe...  Dibelakangnya adalah trek menuju puncak.

Kumpul bocah

Ini situasi saat saya turun, masih banyak rombongan yang baru memulai pendakian.

Saya sudah lebih dulu turun dan mereka yang sedang istirahat di batu.

Ayu dan (cammeo) bersama Gunung Batu. ^^
Sampai di bawah sekitar pukul 15.30 sore. 
Karena saya dan Gutya memarkir motor di tempat yang berbeda dengan Ayu dkk, jadi kami kembali ke tempat parkir (bayar Rp 5000) dan segera menyusul ke tempat parkir motor Ayu, Ikus, Mamat, dan Ipep. Dan ternyata akses menuju parkiran resmi tersebut sangat rusak. Walaupun lokasi parkirnya luas, tapi kondisi jalannya sangat tidak bersahabat. Semoga cepat diperbaiki ya pak, bu.. 

 Nah nah nah...
Pokoknya anda tidak akan menyesal mengunjungi Gunung Batu yang terletak di Jonggol ini, mungkin anda juga akan berfikiran menghabiskan malam di puncaknya.

Ternyata, menikmati keindahan alam dan melepas penat ibu kota tidak perlu jauh-jauh dari Jakarta, cocok untuk para pekerja kantoran..

Selamat menikmati keindahan alam Indonesia!!
Salam lestari..

INDONESIA.. BAGUS...!!!












3 komentar:

  1. Dateng lagi ya kesini jangan lupa :) @Pribumi

    BalasHapus
  2. bagus sekali pemandangannya ....

    patokan untuk sampai kesini bagaimana ?
    dari jalan raya jonggol cariu belok dimana ?
    he he ... sorry kepo

    BalasHapus
  3. waaahhh keceh badai mbak mantap euuyyy.... semoga bsia najak sampai atas dah aamiin salam eknal mbak @angkisland

    BalasHapus