Categories

Budaya (3) Cerpen (2) Cooking (1) Curhat (29) Curug (1) Famz Story (4) fiktif (3) Film (14) Foto (36) Hiking (30) Indonesia (80) INDONESIA BAGUS (7) Info (111) Islam (3) Jepang (7) Kampus (83) Kartun (1) Kids (2) Komputer (34) Kopdar (1) Korean Fever (14) Listing Program (8) Look Alike (10) Maen (28) Multimedia (9) Musik (3) Muslimah (4) Ramadhan (1) Review (16) SAR (2) Sekedar Tulisan (49) Shout Out (6) SI (53) Situs Bersejarah (2) Team Mandalawangi (1) Trip (33) Tugas (86) Untuk Negeri (76) Video (3) Wisata (11)

Sabtu, 24 November 2012

Variabel, Tipe Data

Kita dapat mendefinisikan variabel sebagai bagian dari memori untuk menyimpan nilai yang telah ditentukan. Setiap variabel memerlukan identifier yang dapat membedakannya dari variabel yang lain.

Identifiers
Adalah untaian satu atau lebih huruf, angka, atau garis bawah " _ ". Panjang dari identifier tidak terbatas, walaupun untuk beberapa kompiler hanya 32 karakter pertama saja yang dibaca sebagai identifier (sisanya diabaikan). Identifier harus selalu diawali dengan huruf atau garis bawah " _ ".

Ketentuan lainnya yang harus diperatikan dalam menentukan identifier adalah tidak boleh menggunakan key word dari Bahasa C++. Dibawah ini adalah key dalam C++ :


Tipe Data

Tipe data yang ada pada C++, berikut nilai kisaran yang dapat direpresentasikan :


Deklarasi variabel
Untuk menggunakan variabel pada C++, kita harus mendeklarasikan tipe data yang akan digunakan. Sintaks penulisan deklarasi variabel adalah menuliskan tipe data yang akan digunakan diikuti dengan identifier yang benar. Jika akan menggunakan tipe data yang sama untuk beberapa identifier maka dapat dituliskan dengan menggunakan tanda koma. 
Tipe data integer (char, short, long, dan int) dapat berupa signed atau unsigned tergantung dari kisaran nilai yang akan direpresentasikan. Dilakukan dengan menyertakan keyword signed atau unsigned sebelum tipe data. Jika tidak dituliskan, maka akan dianggap sebagai signed.

Inisialisasi Variabel 
Ketika mendeklarasikan variabel local, kita dapat memberikan nilai tertentu. Sintaks penulisan sebagai berikut :
type identifier = initial_value;
Misalnya kita akan mendeklarasikan variabel int dengan nama a yang bernilai 0, maka dapat dituliskan :
int a = 0;
Atau dengan cara lainnya, yaitu menyertakan nilai yang akan diberikan dalam tanda "()":
type identifier (initial_value);


Sumber :
Arsip pribadi (Materi TPT-2/C++/Ronggo Permono/2007)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar