Categories

Budaya (3) Cerpen (2) Cooking (1) Curhat (29) Curug (1) Famz Story (4) fiktif (3) Film (14) Foto (36) Hiking (30) Indonesia (80) INDONESIA BAGUS (7) Info (111) Islam (3) Jepang (7) Kampus (83) Kartun (1) Kids (2) Komputer (34) Kopdar (1) Korean Fever (14) Listing Program (8) Look Alike (10) Maen (28) Multimedia (9) Musik (3) Muslimah (4) Ramadhan (1) Review (16) SAR (2) Sekedar Tulisan (49) Shout Out (6) SI (53) Situs Bersejarah (2) Team Mandalawangi (1) Trip (33) Tugas (86) Untuk Negeri (76) Video (3) Wisata (11)

Kamis, 21 Maret 2013

Deduktif



Deduktif adalah metode berpikir yang menerapkan hal-hal yang umum telebih dahlu untuk seterusnya dihubungkan dalam bagian-bagiannya yang khusus.

Silogisme adalah suatu proses penarikan kesimpulan secara deduktif. Silogisme disusun dari dua proposisi dan sebuah konklusi.
Silogisme Kategorial
Semua proposisinya merupakan kategorial. Proposisi yang mendukung silogisme disebut premis yang kemudian dapat dibedakan menjadi premis mayor dan premis minor. Silogisme Kategorial merupakan silogsme yang terjadi dari tiga proposisi.

Silogisme Hipotesis
Argumen  yang premis  mayornya berupa proposisi hipotetis, sedangkan premis minornya adalah proposisi katagorik. Silogisme hipotesis adalah silogisme yang terdiri atas premis mayot yang berproposisi konditional hipotesis.

Silogisme Alternatif
Terdiri atas premis mayor berupa proposisi alternatif, yaitu bila premis minornya membernarkan salah satu alternatifnya. Silogisme alternatif merupakan silogisme yang terdiri atas premis mayor berupa proposisi alternatif.

Entimen
Yang dikemukakan hanya premis minor dan kesimpulan.

Sumber :
Argumentasi dan Narasi, Gorys Keraf
http://id.wikipedia.org/wiki/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar