Categories

Budaya (3) Cerpen (2) Cooking (1) Curhat (29) Curug (1) Famz Story (4) fiktif (3) Film (14) Foto (36) Hiking (30) Indonesia (80) INDONESIA BAGUS (7) Info (111) Islam (3) Jepang (7) Kampus (83) Kartun (1) Kids (2) Komputer (34) Kopdar (1) Korean Fever (14) Listing Program (8) Look Alike (10) Maen (28) Multimedia (9) Musik (3) Muslimah (4) Ramadhan (1) Review (16) SAR (2) Sekedar Tulisan (49) Shout Out (6) SI (53) Situs Bersejarah (2) Team Mandalawangi (1) Trip (33) Tugas (86) Untuk Negeri (76) Video (3) Wisata (11)

Jumat, 22 Maret 2013

Induktif


Induktif adalah metode yang digunakan dalam berpikir dengan bertolak dari hal-hal khusus ke umum.

Generalisasi
Proses penalaran yang bertolak dari fenomena individial menuju kesimpulan umum.

Macam-macam Generalisasi :
  • Generalisasi Sempurna, dimana seluruh fenomena yang menjadi dasar penyimpulan diselidiki.
  • Generalisasi Tidak Sempurna, yaitu kesimpulan diambil dari sebagian fenomena yang diselidiki diterapkan juga untuk fenomena yang belum diselidiki.
  • Prosedur Pengujian Generalisasi Tidak Sempurna, dapat menghasilkan kebenaran apabila melalui prosedur pengujian yang benar.
Hipotesis & Teori
Semacam teori atau kesimpulan yang diterima sementara waktu untuk menerangkan fakta-fakta tertentu sebagai penentu dalam peneliti fakta-fakta tertentu dan sebagai penuntun dalam meneliti fakta-fakta lain secara lebih lanjut. Teori sebenarnya merupakan hipoteesa yang secara relatif lebih kuat sifatnya bila dibandingkan dengan hipotesa.

Analogi
Berdasarkan ilmu bahasa, analogi merupakan persamaan antar bentuk yang menjadi dasar terjadinya bentuk-bentuk lain. Analogi merupakan salah satu proses morfologi dimana dalam analogi, pembentukan kata baru dari kata yang telah ada. Pada intinya, analogi adalah cara penarikan penalaran dengan membandingkan dua hal yang memiliki sifat sama.

Hubungan Kausal
Penalaran yang diperoleh dari gejala-gejala yang saling berhubungan.

Macam-macam Hubungan Kausal :
  • Sebab - Akibat
  • Akibat - Sebab
  • Akibat - Akibat


Sumber :
Argumentasi dan Narasi, Gorys Keraf
http://id.wikipedia.org/wiki/
http://www.slideshare.net/fikryainul/pertemuan-7-penalaran

4 komentar:

  1. huwalah ora mudeng aq hihi

    BalasHapus
  2. kangen juga sama pelajaran kyk gini, waktu kelas 3 SMA pernah di ajarin nih, sering2 update yg kyk beginian yak, biar ilmu nya gak luntur

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini juga karna tugas kampus aja sih makanya adi tulis :)

      Hapus