Electronic Commerce (e-Commerce) atau perdagangan elektronik adalah kegiatan penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang, dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, internet, atau jaringan komputer lainnya. E-Commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data
elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan
data otomatis.
E-Commerce merupakan bagian dari e-business. E-business memiliki cakupan lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan, dan lain-lain. Selain teknologi web, e-commerce juga memerlukan teknologi basis data, surat elektronik, dan bentuk teknologi non komputer yang lain.
Faktor Kunci Dalam E-Commerce
- Menyediakan harga kompetitif.
- Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
- Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
- Menyediakan banyak bonus.
- Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
- Menyediakan jasa komunitas untuk berdiskusi
- Mempermudah kegiatan perdagangan
- Terjadinya penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan.
- Hukum yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce.
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar