Categories

Budaya (3) Cerpen (2) Cooking (1) Curhat (29) Curug (1) Famz Story (4) fiktif (3) Film (14) Foto (36) Hiking (30) Indonesia (80) INDONESIA BAGUS (7) Info (111) Islam (3) Jepang (7) Kampus (83) Kartun (1) Kids (2) Komputer (34) Kopdar (1) Korean Fever (14) Listing Program (8) Look Alike (10) Maen (28) Multimedia (9) Musik (3) Muslimah (4) Ramadhan (1) Review (16) SAR (2) Sekedar Tulisan (49) Shout Out (6) SI (53) Situs Bersejarah (2) Team Mandalawangi (1) Trip (33) Tugas (86) Untuk Negeri (76) Video (3) Wisata (11)

Sabtu, 28 September 2013

Mengenal Telematika



Dapat dilihat dari tabel diatas, bahwa telekomunikasi merupakan gabungan dari telekomunikasi dan juga informatika. 
  • Telekomunikasi merupakan gabungan dari kata Tele dan Komunikasi. Telekomunikasi dapat diartikan sebagai teknik pengiriman atau penyampaian informasi, dari suatu tempat ke tempat lain.
  • Informatika merupakan gabungan dari kata Informasi dan Teknologi. Informatika adalah ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi.

Maka dapat disimpulkan bahwa telematika adalah sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi jarak jauh, yang menyampaikan infomasi satu arah, maupun timbal balik dengan sistem digital yang mengacu pada industri yang berhubungan dengan penggunaan komputer dalam sistem telekomunikasi.

Istilah telematika sering dipakai untuk beberapa macam bidang, diantaranya adalah :
  • Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai ICT (Information and Communications Technology) merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
  • Untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
  • Untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).



Pemahaman tentang telematika dapat disimpulkan menjadi beberapa point sebagai berikut :
  • Telematika adalah sarana komunikasi jarak jauh melalui media elektromagnetik.
  • Kemampuannya adalah mentransmisikan sejumlah besar informasi dalam sekejap, dengan jangkauan seluruh dunia, dan dalam berbagai cara, yaitu dengan perantaan suara, huruf, gambar, dan data atau kombinasi-kombinasinya. Teknologi digital memungkinkan hal tersebut terjadi.
  • Jasa  telematika ada yang diselenggarakan untuk umum (online, internet), dan ada pula untuk keperluan kelompok tertentu  atau dinas khusus (intranet).


Sumber :

1 komentar:

  1. wow shinta gesit banget udah langsung ngerjain.. hohohooo... good job shin :D

    BalasHapus